9 Cara Cepat Menyembuhkan Luka Operasi Caesar

9 Cara Cepat Menyembuhkan Luka Operasi Caesar – Proses melahirkan dengan operasi caesar mungkin di rasa lebih cepat dan tak begitu menyakitkan dibandingkan dengan proses melahirkan dengan cara yang normal. Namun dalam proses penyembuhannya luka operasi casear sebenarnya membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan proses melahirkan normal.

Umumnya penyembuhan luka bekas operasi caesar akan berlangsung selama ± 4-6 minggu setelah operasi caesar. Namun untuk sembuh total atau pulih 100%, maka akan dibutuhkan waktu ± 3 bulan (12 minggu). Setelah 3 bulan, penelitian menyatakan bahwa luka sayatan bekas operasi caesar (dari kulit hingga ke rahim) akan sembuh 100% jika tidak ada komplikasi setelah operasi caesar.

Meskipun luka operasi caesar membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk sembuh, tetapi Anda bisa melakukan 9 Cara Cepat Menyembuhkan Luka Operasi Caesar Berikut Ini, Simak Informasinya :

Merawat Luka Bekas Operasi Dengan Baik dan Benar

Cara merawat luka bekas operasi sangat menentukan waktu penyembuhan luka terserbut. Maka rawatlah luka bekas operasi dengan baik dengan dengan mengganti perban setiap hari, mencuci luka dengan teratur, memberikan obat antiseptik, menghindarkan luka dari air, dll.

Gerak-Gerakan Kaki dan Berjalan-Jalan Ringan

Rasa sakit yang mendera pasca caesar mungkin menjadikanmu berfikir tidak mampu lagi untuk berjalan. Namun, kuatkan fisikmu dan semangatlah untuk berupaya menggerakkan kaki dan berjalan-jalan ringan. Makin cepat kamu bangun dan bergerak, maka makin baik pula untuk kelancaran sirkulasi / peredaran darah.

Hindari Mengangkat Benda / Beban Berat

Ini bukan waktunya untuk melanjutkan berjalan 5 mil setiap pagi atau mengangkat sesuatu yang lebih berat daripada bayi Anda. Semakin Anda memaksakan diri sendiri, semakin besar peluang bahwa pemulihan Anda bisa berlarut-larut bahkan lebih lama dari yang Anda inginkan. “Seorang wanita perlu menghindari aktivitas berat selama beberapa minggu jika ingin luka operasi caesar cepat sembuh” kata Jenny Jaque, MD, seorang dokter OB / GYN saat diminta keterangan. “Dia juga tidak boleh menempatkan apapun di vagina mereka atau berhubungan seks untuk jangka waktu yang sama untuk menghindari infeksi.”

Konsumsi Makanan yang Tinggi Serat

Mengejan saat buang air besar adalah ide yang sangat buruk, karena ini memberi tekanan pada area sayatan. Jadi, pastikan untuk persediaan makanan berserat tinggi. Sementara itu, makanan tinggi protein dan banyak air akan membantu penyembuhan jaringan, kata Dr. Jaque. Sedangkan anda bisa mencoba mengganti beras merah atau coklat selama seminggu setelah operasi caesar. Mereka lebih mengandung serat ketimbang beras putih. Selain itu, konsumsi lebih banyak buah dan sayur, serta air putih untuk membantu mempercepat penyembuhan jaringan.

Mencukupi Waktu Istirahatmu

Istirahatlah tiap kali bayimu beristirahat juga, termasuk di siang hari. Sementara itu pada malam hari, upayakan untuk tidur selama 7-8 jam bila memungkinkan. Tidur bermanfaat penting bagi tubuh untuk mendukung pertumbuhan jaringan dalam membantu proses penyembuhan luka. Jangan lupa untuk banyak minum air putih dan mengonsumsi makanan kaya serat untuk mencegah konstipasi.

Mengelola Emosi Dengan Baik

Adalah hal yang wajar bila kamu mengalami perasaan yang tidak kamu duga sebelumnya. Studi menyatakan bahwa sebagian wanita yang melahirkan secara caesar mengalami perasaan kuat akan kemarahan, kegagalan, dan kerugian. Upayakanlah untuk mengelola emosimu dengan baik, misalnya dengan mendiskusikan emosi yang dirasakan dengan pasangan, teman, dokter, atau psikolog.

Pintar-Pintarlah Dalam Memilih Makanan

Jika luka sayatan terasa mengalami peradangan, konsumsi makanan yang mengandung zat anti-inflammasi dapat membebaskan anda dari masalah ini. Diantaranya termasuk sayuran berdaun gelap, biji-bijian, ikan berlemak seperti salmon dan kacang-kacangan. Dikarenakan konsumsi gula dan lemak jenuh dapat memicu peradangan, maka disarankan untuk mengurangi atau menghindarinya untuk sementara waktu.

Gunakan Pakaian yang Nyaman dan Longgar

Selama masa pemulihan atau penyembuhan setelah menjalani operasi caesar, gunakan pakaian yang nyaman dan longgar. Hal ini berguna untuk menghindari iritasi karena adanya tekanan maupun gesekan dengan pakaian yang terlalu ketat.

Mengenali Apa Saja Tanda-Tanda Bahaya

Infeksi luka merupakan hal yang bisa saja terjadi, walaupun dokter telah memberimu antibiotik selama operasi. Bila kamu merasa tidak enak badan selama seminggu atau bahkan lebih lama setelah operasi, maka kamu mungkin mengalami infeksi dan disarankan untuk segera menghubungi dokter. Adapun tanda-tanda jika terjadi infeksi pada luka adalah : Demam, luka menjadi bengkak & kemerahan, terasa sangat sakit di area luka, mengeluarkan cairan / nanah / darah yang berbau tidak sedap.

Itulah 9 Cara Cepat Menyembuhkan Luka Operasi Caesar. Anda bisa mencoba kombinasi 9 cara atau tips diatas dengan konsumsi ramuan herbal dari ekstrak teripang emas untuk membantu mempercepat pengeringan dan penyembuhan luka.

Teripang emas dapat membantu menyembuhkan luka 3 kali lebih cepat karena mengandung Zat Gamapeptide yang dapat mempercepat penyembuhan luka dan mengandung Cel Growth Factor yang dapat meregenerasi sel / jaringan yang telah rusak agar pulih kembali dengan cepat. Ini merupakan penumbuh jaringan baru yang telah ditunjukan dalam sebuah studi, bahwa ia mampu mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan sehabis operasi. Teripang juga telah banyak digunakan oleh para praktisi herbal china sebagai Obat Tradisional Setelah Operasi Caesar.

Selengkapnya : Obat Pengering Luka Operasi Caesar 100% Herbal Alami – QnC Jelly Gamat

Baca Artikel Lainnya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *